Jumat, 19 Oktober 2012

Karir di dunia IT

Ngomong2 soal karir di dunia IT, pasti banyak sekali kawan2 dari freshgraduate IT yang masih bingung menentukan karirnya. mau lulus aja mesti butuh perjuangan extra sama Tugas Akhir nya yang susahnya minta ampun,eh giliran udah lulus makin bingung aja mau berkarir di bidang apa.termasuk saya juga sih mengalami hal demikian,,hhe padahal dari lulus SMA sudah bertekad untuk masuk dunia IT karena seperti mempunyai passion yang kuat di bidang ini, tapi kita pasti tahu dunia IT tuh luas banget. gak bisa kita jadi manusia super yang bisa expert menguasai semua bidang IT. 

1. soo, saat udah lulus sebaiknya kita sudah mengetahui peminatan kita lebih ke arah mana, mau ke software engineer, network engineer, system engineer, database engineer,IT audit,helpdesk, dkk. hal ini dikarenakan biar step karir kita sudah jelas mau ke arah mana, sehingga suatu saat nanti kita punya skill yang dapat dijadikan pegangan dan bisa menjual nilai kita ke perusahaan2. 

2. Nah setelah tahu peminatan kalian dimana, sekarang giliran menentukan jenis perusahaan seperti apa yang cocok dengan mimpi kalian. 

SWASTA 
A.) kalau anda menginginkan skill masuklah di consultant2 IT, disini kalian akan terjun langsung ke project2 besar yang tentu saja dapat mengasah skill IT anda, cuma biasanya orang2 IT malas masuk consultan karena gaji yang kecil, jangan salah dulu perusaan IT biasanya memberikan kompensasi yang bakal berlipat jika skill anda memang memang mumpuni. kalau di kantor2 swasta non IT mungkin membutuhkan 5-6 tahunan untuk mendapatkan gaji 2 digit. tapi klo di consultant 2-3 taun aja cukup kalau skill anda memang mumpuni.

 B.) kalau anda cenderung bukan orang yang spesialis dan ingin gaji yg luamayan besar masuklah ke divisi IT di perusahaan2 besar, memang kerja di sini bisa dikatakan nyantai soalnya kebanyakan memakai jasa vendor2 juga. tapi gak enaknya IT disini dianggap manusia super oleh user2 di kantor, kadang seorang developer merangkap jadi helpdesk,sedikit jaringan lah, nyampur jadi trainer lah, intinya gak bisa fokus. tapi kelebihannya, untuk jangka panjangnya karir lebih menjanjikan soalnya perusahaan yang besar pasti manajemen nya sudah bangus dan matang, banyak sekali pelatihan2 teknis maupun leadership dan jenjang karir yang jelas. tapi yah mesti ikhlas kalau gaji org2 ini akan disalip jauh sama orang yang bekerja di consultan dengan masa kerja yang sama. 

C.) kalau anda cenderung suka dunia core network telco, masuklah dunia telco, disana berkumpul engineer2 yang suka bergadang buat ngurusi network telco,kadang weekend masuk kerja, jam kerja siang jadi malam. yah intinya masuk dunia telco mesti siap tahan banting lah.kelebihanya ya gajinya itu yang lumayan gede untuk freshgraduate apalagi kalau ada projek2 keluar kota, nglembur, dsb. 

 BUMN,PNS

 - kalau anda cenderung memikirkan jangka panjang yah masuklah dunia PNS, udah pasti kerja lebih santai dibandingkan kerja di swasta, masa tua dapat pensiunan pula. kalau di BUMN lebih amanlah dibandingkan di swasta yang sewaktu2 bisa ditendang dari perusahaan yang colaps. tapi kalau memilih dunia ini, kemampuan anda di dunia IT akan kurang terasah, malah cenderung tidak berkembang, kecuali bagi orang2 cerdas yang bisa cari projekan di luar untuk menambah skill dan penghasilan sebagai pns. 

 Yah itu semua cuma dari pemikiran saya sih, yang tergolong msh fresh graduate juga. dan saat ini saya memilih berkarir swasta di golongan B, tentunya dengan segala kekurangan dan kelebihannya. 

kalau temen2 punya pemikiran yang lain ayoo monggo di share biar bermanfaat buat kita semua.

1 komentar:

N A P H - B L O G mengatakan...

bener, saya sependapat sama pemikiran ente. skrg saya lg mencoba berkarir di opsi 1a. :D

Popular Posts

Pages

Followers

Featured Posts